1. Browsing adalah menelusur secara langsung buku tertentu
pada kumpulan buku-buku yang dijajarkan di rak. Untuk dapat melakukan kegiatan
ini dengan tepat dan cepat, pengguna harus memahami terlebih dahulu sistematika
penyusunan koleksi perpustakaan.
2. chatting adalah suatu fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama
pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara
(chatting voice).
3. Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya
dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video
conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam
konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap
peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Produk yang
mendukung teleconference pertama melalui internet adalah NetMeeting yang
dikeluarkan oleh Microsoft.
4. Download adalah transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem
yang lebih besar atau pu sat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil
(client). kebalikan dari download adalah upload.
5. Spam merujuk kepada praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada
sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau
tidak tertarik menerima pesan tersebut.
6. Mailing List adalah Fasilitas E-mail Internet ,dimana pemakai dafat
mendaftarkan diri ke suatu daftar pengiriman E-mail untuk suatu topik
tertentu,sehingga pemakai akan secara otomatis mendapatkan kiriman E-mail
setiap anggota Mailing_List Manager,.
7. VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah nama lain internet telephony.
Lihat internet telephony.
8. E-coomerce (electronic commerce) adalah bisnis yang transaksinya dilakukan
dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah
penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati
komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah Internet dan
electronic data interchange (EDI).
9. E-mail (electronic mail) adalah pesan elektronik yang dikirim dari komputer
seorang pengguna ke komputer lainnya. E-mail dapat dikirimkan melalui local
area network (LAN) atau Internet. Kalau dahulu, data yang dikirim hanya berupa
teks, sekarang dengan e-mail dapat berisi gambar, suara, dan bahkan klip video.
10.Browser adalah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser adalah sebuah
program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan
fasilitas lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, seperti
Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla.
11.ASP (Active Server Pages) adalah spesifikasi untuk membuat halaman Web
dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server
Web membuat halaman dengan kode HTML dan mengirimkannya kepada browser.
12. FTP (file transfer protocol) adalah protokol Internet yang digunakan untuk
menyalin file antarkomputer.
•ADSL - Asymetric Digital Subscriber Line.Sebuah tipe DSL dimana upstream dan
downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda.
•Anonymous FTP -Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki Login
tertentu.
•Bandwidth : Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat
dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.
•Banner :adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan
iklan bergambar pada sebuah webpage.
•CGI/Perl :bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di
dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.
•Chat :adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer
(termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan
dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).
•Chatting :istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program
chat.
•Client :adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang
telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di
kendalikan / digunakan oleh seorang user.
•Dial-Up :adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.
•Dial-Up Networking :adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi
Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu
koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan
fasilitas jaringan telpon.
•DNS - Domain Name Service.Merupakan layanan di internet untuk jaringan yang
menggunakan Tcp/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah
komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP Adress)adalah nama
khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
•Download :adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web
internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai
oleh user.
•E-Commerce :Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan
perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to
Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.
•E-mail :atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang
diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan
oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar
kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat
pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan
(forward e-mail) kepada user lain.
•FAQ Frequently Asked Questions. Iaitu kumpulan pertanyaan yang sering diajukan
beserta jawabannya.
•Firewall Aplikasi pengaman komputer dari aktivitas hacking.
•finger Protocol untuk mengetahui informasi seorang user di sebuah komputer.
•flame Amukan seseorang terhadap orang lain melalui Internet. Flame biasanya
dilontarkan terhadap orang yang melanggar kesopanan.
•FreewareAplikasi yang dapat didownload dan digunakan secara gratis.
•freenet :Suatu sistem on-line yang gratis.
•FTP :file transfer protocol adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk
men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.
•Googling: Melakukan Pencarian dengan mesin Pencari Google.
•Hacker :adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada
khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta
melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk
internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di
buat oleh webmaster, atau administrator.
•Homepage :adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah
website di internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.
•HTML :Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk
membuat sebuah halaman webpage.
•Http:// http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan
pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol
(antarmuka) yang digunakan adalah http.
•Internet Explorer :program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan
halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh
Microsoft Corp.
•Internet-TV : adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai
media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.
•Intranet : sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal
dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang
ada.
•ISP : Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang
menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
•Login : otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username
dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program
interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
•Logoff :tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan
komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik
(e-mail).
•Lycos : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk
mencari. http://www.lycos.com.
•MalwareKepanjangan dari Malicious Software. Program yang biasanya digunakan
untuk mencari kelemahan suatu software dan biasanya merusak software dalam komputer
anda.
•Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer /
notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet
misalnya.
•Netscape Navigator : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan
halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh
Netscape Corp.Password : kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat
mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan
komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik
(e-mail).
•PhisingTindakan kejahatan di internet yang memperdaya korbannya dengan membuat
suatu situs mirip dengan aslinya untuk mendapatkan data pribadi korban.
•Plugin : adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser
dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program
interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
•Script : adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu
(Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau
animasi dalam sebuah webpage.
•Search Engine : adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang
digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal :
Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.
•Server : adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta
pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan
oleh seorang admin.
•SpamPesan berupa e-mail masal yang tidak qta inginkan, bisa berup pesan tak
berarti atau iklan yang kurang bermanfaat dari pihak yang tidak dikenal.
•Spammer Orang yang mengirim junk mail atau spam.
•SpoofingMerupakan sebuah teknik serangan melalui authentifikasi suatu sistem
ke sistem lainnya dengan menggunakan paket-paket tertentu. Biasanya spoofing
dilakukan dengan cara membuat situs web tiruan berdasarkan sebuah web.Upload :
adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang
terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di
internet.
•SpywareProgram yang dirancang untuk mengintip isi komputer dan aktivitas
seseorang saat berkomputer, dan hasil dari intipan akan dikirim kepada pihak
yang mengontrol program tersebut. Program ini juga bisa mengintip isi PC yang
dimasukinya.
•User : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk
internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
•Virus : adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’
pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang
sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program
lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program
interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.
•VisualBasic : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif
di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.
•Voice-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan
bukan berupa teks, melainkan berupa suara.
•WAP : Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang
dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan
internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima
dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.
•Web browser : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage.
Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.
•Webmaster : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs
web yang bersangkutan.
•Web page : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di
internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan
video.
•Website : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan
halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program
interaksi.
•www : world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk
awal.
* Banner :
adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan
bergambar pada sebuah webpage.
* CGI/Perl :
bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah
webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.
* Chat :
adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk
internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam
bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).
* Chatting :
istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.
* Client :
adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah
diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan /
digunakan oleh seorang user.
* Dial-Up :
adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.
* Dial-Up Networking :
adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows
yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan,
baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan
telpon.
* Domain name :
adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada
internet.
* Download :
adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke
media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.
* E-Commerce :
Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan
atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business
E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.
* E-mail :
atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang
diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan
oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar
kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat
pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan
(forward e-mail) kepada user lain
* FTP :
file transfer protocol adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk
men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.
* Hacker :
adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana
dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal
yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet).
Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh
webmaster, atau administrator.
* Homepage :
adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di
internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.
* HTML :
Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat
sebuah halaman webpage.
* Http://
http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal
site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang
digunakan adalah http
* Internet Explorer :
program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang
ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.
* Internet-TV : adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan
sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.
* Intranet : sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal
dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang
ada.
* ISP : Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang
menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
* Login : otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username
dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program
interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
* Logoff :
tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer
(termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
* Lycos : adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk
mencari. http://www.lycos.com
Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook
agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya
* Netscape Navigator : program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan
halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh
Netscape Corp.
Password : kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan
username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer
(termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
* Plugin : adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program
webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi,
program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
* Script : adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu
(Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau
animasi dalam sebuah webpage.
* Search Engine : adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang
digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal :
Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.
* Server : adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta
pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan
oleh seorang admin.
* Upload : adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan
yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di
internet.
* User : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk
internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
* Virus : adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’
pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang
sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program
lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program
interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.
* VisualBasic : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif
di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.
* Voice-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan
bukan berupa teks, melainkan berupa suara.
* WAP : Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang
dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan
internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima
dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.
* Web browser : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage.
Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.
* Webmaster : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs
web yang bersangkutan.
* Web page : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di
internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan
video.
* Website : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan
halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program
interaksi.
* www : world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal
* Hacker :
adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator. Sejarah Hacker dan Cracker Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri hacker, padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati menyebut orang-orang ini 'cracker' dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Hacker sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker. Para hacker mengadakan pertemuan setiap setahun sekali yaitu diadakan setiap pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan hacker terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking. Pengertian Hacker dan Cracker 1. Hacker Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka. 2. Cracker Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem. Hirarki / Tingkatan Hacker 1. Elite Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’. 2. Semi Elite Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit. 3. Developed Kiddie Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. 4. Script Kiddie Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet. 5. Lamer Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja. Cracker tidak mempunyai hirarki khusus karena sifatnya hanya membongkar dan merusak. Kode Etik Hacker 1. Mampu mengakses komputer tak terbatas dan totalitas. 2. Semua informasi haruslah FREE. 3. Tidak percaya pada otoritas, artinya memperluas desentralisasi. 4. Tidak memakai identitas palsu, seperti nama samaran yang konyol, umur, posisi, dll. 5. Mampu membuat seni keindahan dalam komputer. 6. Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik. 7. Pekerjaan yang di lakukan semata-mata demi kebenaran informasi yang harus disebar luaskan. 8. Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu. 9. Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas teknologi komputer. 10. Baik Hacking maupun Phreaking adalah satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam komputer. Cracker tidak memiliki kode etik apapun. Aturan Main Hacker Gambaran umum aturan main yang perlu di ikuti seorang hacker seperti di jelaskan oleh Scorpio, yaitu: · Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi. · Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan / lubang di keamanan yang anda lihat. · Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack. · Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan. · Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan sendiri. · Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh. · Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang. · Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan. · Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack. · Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri. Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main sedang cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker sifatnya merusak. Perbedaan Hacker dan Cracker a. Hacker 1.Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna. 2.Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. 3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan. b. Cracker 1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server. 2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak. 3. Mempunyai situs atau cenel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya. 4. Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. 5. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu. Dua Jenis Kegiatan Hacking 1. Social Hacking, yang perlu diketahui : informasi tentang system apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa lalu bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi siapa lalu informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya 2. Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam system, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam system atau service. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana pun. Contoh Kasus Hacker 1. Pada tahun 1983, pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s(414 merupakan kode area lokal mereka) yang berbasis di Milwaukee AS. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut melakukan pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. 2. Digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer dengan menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya : game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. 3. Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah, konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta berhasil membobol situs milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama "unik", seperti Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani menggunakan teknik SQL Injection(pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) untuk menjebol situs KPU. Kemudian Dani tertangkap pada hari Kamis, 22 April 2004. Akibat yang Ditimbulakan oleh Hacker dan Cracker Hacker : membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu administrator untuk memperkuat jaringan mereka. Cracker : merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah. Kesimpulan Para hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Oleh karena itu, berkat para hacker-lah Internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini, bahkan terus di perbaiki untuk menjadi sistem yang lebih baik lagi. Maka hacker dapat disebut sebagai pahlawan jaringan sedang cracker dapat disebut sebagai penjahat jaringan karena melakukan melakukan penyusupan dengan maksud menguntungkan dirinya secara personallity dengan maksud merugikan orang lain. Hacker sering disebut hacker putih (yang merupakan hacker sejati yang sifatnya membangun) dan hacker hitam (cracker yang sifatnya membongkar dan merusak) |
* Hacker :
adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator. Ditulis oleh students by santos Diterjemahkan Oleh Reza Sejarah Hacker dan Cracker Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri hacker, padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati menyebut orang-orang ini 'cracker' dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Hacker sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker. Para hacker mengadakan pertemuan setiap setahun sekali yaitu diadakan setiap pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan hacker terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking. Pengertian Hacker dan Cracker 1. Hacker Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka. 2. Cracker Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem. Hirarki / Tingkatan Hacker 1. Elite Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’. 2. Semi Elite Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit. 3. Developed Kiddie Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. 4. Script Kiddie Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet. 5. Lamer Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja. Cracker tidak mempunyai hirarki khusus karena sifatnya hanya membongkar dan merusak. Kode Etik Hacker 1. Mampu mengakses komputer tak terbatas dan totalitas. 2. Semua informasi haruslah FREE. 3. Tidak percaya pada otoritas, artinya memperluas desentralisasi. 4. Tidak memakai identitas palsu, seperti nama samaran yang konyol, umur, posisi, dll. 5. Mampu membuat seni keindahan dalam komputer. 6. Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik. 7. Pekerjaan yang di lakukan semata-mata demi kebenaran informasi yang harus disebar luaskan. 8. Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu. 9. Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas teknologi komputer. 10. Baik Hacking maupun Phreaking adalah satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam komputer. Cracker tidak memiliki kode etik apapun. Aturan Main Hacker Gambaran umum aturan main yang perlu di ikuti seorang hacker seperti di jelaskan oleh Scorpio, yaitu: · Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi. · Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan / lubang di keamanan yang anda lihat. · Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack. · Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan. · Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan sendiri. · Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh. · Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang. · Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan. · Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack. · Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri. Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main sedang cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker sifatnya merusak. Perbedaan Hacker dan Cracker a. Hacker 1.Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna. 2.Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. 3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan. b. Cracker 1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server. 2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak. 3. Mempunyai situs atau cenel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya. 4. Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. 5. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu. Dua Jenis Kegiatan Hacking 1. Social Hacking, yang perlu diketahui : informasi tentang system apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa lalu bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi siapa lalu informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya 2. Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam system, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam system atau service. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana pun. Contoh Kasus Hacker 1. Pada tahun 1983, pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s(414 merupakan kode area lokal mereka) yang berbasis di Milwaukee AS. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut melakukan pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. 2. Digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer dengan menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya : game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. 3. Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah, konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta berhasil membobol situs milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama "unik", seperti Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani menggunakan teknik SQL Injection(pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) untuk menjebol situs KPU. Kemudian Dani tertangkap pada hari Kamis, 22 April 2004. Akibat yang Ditimbulakan oleh Hacker dan Cracker Hacker : membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu administrator untuk memperkuat jaringan mereka. Cracker : merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah. Kesimpulan Para hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Oleh karena itu, berkat para hacker-lah Internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini, bahkan terus di perbaiki untuk menjadi sistem yang lebih baik lagi. Maka hacker dapat disebut sebagai pahlawan jaringan sedang cracker dapat disebut sebagai penjahat jaringan karena melakukan melakukan penyusupan dengan maksud menguntungkan dirinya secara personallity dengan maksud merugikan orang lain. Hacker sering disebut hacker putih (yang merupakan hacker sejati yang sifatnya membangun) dan hacker hitam (cracker yang sifatnya membongkar dan merusak) |
* Hacker :
adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator. Ditulis oleh students by santos Diterjemahkan Oleh Reza Sejarah Hacker dan Cracker Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri hacker, padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Hacker sejati menyebut orang-orang ini 'cracker' dan tidak suka bergaul dengan mereka. Hacker sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Hacker sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker. Para hacker mengadakan pertemuan setiap setahun sekali yaitu diadakan setiap pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan hacker terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking. Pengertian Hacker dan Cracker 1. Hacker Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka. 2. Cracker Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem. Hirarki / Tingkatan Hacker 1. Elite Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’. 2. Semi Elite Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit. 3. Developed Kiddie Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. 4. Script Kiddie Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet. 5. Lamer Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja. Cracker tidak mempunyai hirarki khusus karena sifatnya hanya membongkar dan merusak. Kode Etik Hacker 1. Mampu mengakses komputer tak terbatas dan totalitas. 2. Semua informasi haruslah FREE. 3. Tidak percaya pada otoritas, artinya memperluas desentralisasi. 4. Tidak memakai identitas palsu, seperti nama samaran yang konyol, umur, posisi, dll. 5. Mampu membuat seni keindahan dalam komputer. 6. Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik. 7. Pekerjaan yang di lakukan semata-mata demi kebenaran informasi yang harus disebar luaskan. 8. Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu. 9. Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas teknologi komputer. 10. Baik Hacking maupun Phreaking adalah satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam komputer. Cracker tidak memiliki kode etik apapun. Aturan Main Hacker Gambaran umum aturan main yang perlu di ikuti seorang hacker seperti di jelaskan oleh Scorpio, yaitu: · Di atas segalanya, hormati pengetahuan & kebebasan informasi. · Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan / lubang di keamanan yang anda lihat. · Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack. · Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan. · Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh – selalu mengetahui kemampuan sendiri. · Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan & mengajarkan berbagai informasi & metoda yang diperoleh. · Tidak pernah meng-hack sebuah sistem untuk mencuri uang. · Tidak pernah memberikan akses ke seseorang yang akan membuat kerusakan. · Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack. · Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri. Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main sedang cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker sifatnya merusak. Perbedaan Hacker dan Cracker a. Hacker 1.Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna. 2.Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. 3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan. b. Cracker 1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server. 2. Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak. 3. Mempunyai situs atau cenel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya. 4. Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. 5. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu. Dua Jenis Kegiatan Hacking 1. Social Hacking, yang perlu diketahui : informasi tentang system apa yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa Admin yang mengelola server, koneksi yang dipergunakan jenis apa lalu bagaimana server itu tersambung internet, mempergunakan koneksi siapa lalu informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya 2. Technical Hacking, merupakan tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam system, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas system itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan (lubang keamanan) yang terdapat dalam system atau service. Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam system dengan cara apapun dan bagaimana pun. Contoh Kasus Hacker 1. Pada tahun 1983, pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s(414 merupakan kode area lokal mereka) yang berbasis di Milwaukee AS. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut melakukan pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. 2. Digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer dengan menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya : game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. 3. Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah, konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta berhasil membobol situs milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama "unik", seperti Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani menggunakan teknik SQL Injection(pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) untuk menjebol situs KPU. Kemudian Dani tertangkap pada hari Kamis, 22 April 2004. Akibat yang Ditimbulakan oleh Hacker dan Cracker Hacker : membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu administrator untuk memperkuat jaringan mereka. Cracker : merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah. Kesimpulan Para hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Oleh karena itu, berkat para hacker-lah Internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini, bahkan terus di perbaiki untuk menjadi sistem yang lebih baik lagi. Maka hacker dapat disebut sebagai pahlawan jaringan sedang cracker dapat disebut sebagai penjahat jaringan karena melakukan melakukan penyusupan dengan maksud menguntungkan dirinya secara personallity dengan maksud merugikan orang lain. Hacker sering disebut hacker putih (yang merupakan hacker sejati yang sifatnya membangun) dan hacker hitam (cracker yang sifatnya membongkar dan merusak) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar